Thursday, October 31, 2013

Posting dari iPad, gimana caranya?

Hi everyone! 
I know this post is long overdue and I hope you will find it helpful, because it's my guide on how to post from iPad!

Ok, let's begin.. ^_^ 

There are two important components in a blog post, and they are: WORDS and PICTURES. 
You can start on whichever you think it's easier for you.  :)

(switch to Bahasa Indonesia)

Kalau aku lebih suka memulai post dari gambarnya dulu. Kecuali kalau aku mau menulis post yang pure kata-kata kayak artikel gitu, maka aku akan langsung nulis aja. Tapi biasanya dan seringnya, aku mulai dengan mempersiapkan foto apa yang akan aku pakai di blog post.

Berhubung kita akan memakai iPad, maka lebih enak kalau kita fotonya dengan hape aja, karena kalau kamera digital agak susah mindahin file gambarnya, harus dengan card reader.

Sebagai contoh aku akan pake produk yang aku baru beli kemarin (first impression banget deh hehe), yaitu eyeshadow warna beige yang cakep banget ini.


Klik! Oke next ambil belakang packagingnya, swatch dan dari dekatnya. Kalau kamu mau foto dari hape juga bisa bagus kok, asal ada lighting yang cukup dan background yang jelas.

Sudah? Kalau kamu memakai hape smartphone yang cameranya udah bagus, most likely file gambarnya akan sekitar 1-2 megabyte, jadi untuk mempermudah kita resize supaya lebih cepat diproses dan diemailnya juga. :)

Di iPhone aku pake app Batch Resizer, kalau di Android bisa pake app Photo Resizer. 
Setelah diresize (ukuran 800 px x 600 px udah cukup kok), foto tinggal dikirim ke email atau bisa juga dimasukin ke Dropbox supaya langsung ada backupnya juga. 
Di iPad, kita tinggal download attachment dan bisa langsung diolah deh gambarnya! ^_^



Supaya lebih gampang, aku masukin semua app yang aku gunakan di folder blogging ini. 
Untuk edit foto, aku gunakan Meitu dan Phonto untuk nambahin watermark atau kata-kata di fotonya. Kalau untuk menulis, aku lebih suka nulis di Evernote, karena sekalian buat draft atau note jadi lebih gampang. :)

Oh ya, untuk buat grid foto, aku gunain Photo Grid. Of course, kalian bisa cari di App Store untuk app lain yang menurut kalian lebih cocok dipake sendiri ya. It's a guide, not a law, hehe.. 
Kalau misalnya kalian mau nambahin kayak frame atau sticker yang lucu-lucu juga bisa, ada banyak banget app yang bisa dipake. ^_^

Udah selesai ngedit fotonya? Sekarang kita lanjut ke bagian yang gak kalah pentingnya, yaitu The Words. Words are the heart of the post, it's the content and soul of a post. Kecuali kalau kalian bikin photoblog ya beda la ya, hehe..



Untuk mengupload dan melayout post, aku suka pake app Posts. Ada banyak yang lain juga, tapi kalau yang ini aku bisa ngedit HTMLnya dan bisa dipreview juga, jadi kayak ngedit dari komputer deh.



Pendahuluan dulu yang ditulis. Mamaku pernah bilang, kalau kita ketemu orang, itu harus didahului dengan salam dan diakhiri dengan salam juga. Jadi jangan ketemu ujug-ujug langsung ngomong apa gitu, gak sopan la. Jadi saat aku memulai post selalu aku mulai dengan introduction atau greeting dulu. Bisa good morning, hi, hello, atau yuhuuuu.. Macem-macem la tergantung kepribadian masing-masing, hehe.

Next, baru aku masukin gambar-gambarnya.


Sampai disini, ya ngikutin post apa yang aku mau bikin. Style nulis tiap orang itu beragam, jadi stay true to yourself. Write your own voice. Nulislah kayak kalian ngobrol ke orang. Jangan dibuat-buat dan kayaknya gimanaaaa.. gitu. Santai aja la. :)



Setelah itu, jangan lupa direview lagi, spell check pelan-pelan dan preview gimana tampilannya di real time blog kita. Kalau misalnya kalian capek atau butuh istirahat, lebih baik break sebentar sebelum mereview post kalian. Karena gak efektif juga kalau mereview dengan mata yang lelah. :) 
Hit Publish yet? Sebelum itu, ketik dulu tag postnya, mau article, review dll. Bisa juga dischedule untuk besok atau lusa.

Ok sip? Udah pede dengan hasil tulisan kamu dan foto udah oke semua? Yup, Publish deh.. Siap naik tayang~  Hehehe..

Last few tips from me: 
~ Menulislah sebanyak-banyaknya dan jangan berhenti sebelum semua uneg-uneg kamu tersalurkan. Keep on writing!

~ Saat menulis, coba deh sambil mendengarkan musik yang mendukung dan menenangkan. Boleh sambil ngemil juga tapi kalau bisa yang sehat ya, hehehe.

~ Banyak-banyak membaca blog atau tulisan orang lain. Kalau kita banyak baca, kita jadi punya banyak ilmu, dan bukan berarti kita plagiat ya. Kita mencari inspirasi dari mana saja, itu perlu lho.

~ Have fun! Kalau kita ngeblog udah gak dari hati, itu keliatan lho dari tulisan kita. Jadi be yourself dan enjoy the process. Hits, followers and other stats are numbers that analyze our work. But don't allow it to dictate you, okay? Words and pictures are the content, not numbers. :) (cielah keren banget deh, so quote worthy! hahaha)

Udah ya, segini aja untuk post ini. Kalau aku mau jelasin satu-satu appnya yang aku pakai dan cara pakainya detail bisa panjang banget post ini, hehe.. Kalian bisa explore sendiri dan cari gimana cara yang terenak menurut kalian pakenya. I've shared the guideline, now it's up to you on how to use it!  

I hope you enjoy this post and I'll see you in the next one.. 
Byee~

1 comment: