Wednesday, August 22, 2012

Kenapa rambut bisa rontok?

Hi semuanyaaaaa… :)
Hari ini aku akan membahas kenapa rambut bisa rontok.
clip_image001
Ternyata rambut rontok itu macam-macam penyebabnya lho, ini dia alasan-alasannya:

1. Hormon
Kalau hormon kita sedang tidak seimbang, biasanya bagi wanita itu setelah melahirkan atau sedang hamil, banyak yang mengalami kerontokan rambut. Nah untuk jika ini yang terjadi, jangan khawatir ya, karena kerontokan ini hanya untuk sementara kok.. :)
2. Penyakit & Obat-obatan
Bagi orang yang menderita penyakit seperti diabetes, lupus dan tiroid, biasanya mengalami kerontokan rambut. Hal ini juga berlaku untuk orang yang sedang menjalani kemoterapi (sering lihat kan di TV?) dan sedang minum obat untuk tekanan darah tinggi.
3. Stres Berat
Nah, kalau yang ini aku banget… Stress berat memang bisa memicu kerontokan rambut, jadi jangan stress-stress ya! :D
4. Keturunan
Wah, kalau yang ini memang gak bisa dihindari deh, hehehe.. Kalau misalnya ada keluarga kamu yang memang memiliki masalah kerontokan rambut, bisa jadi kamu mengalami hal yang serupa.
5. Hair Styling
Khusus untuk kita-kita yang sering salon (oops, angkat tangan juga nih, hehe), sebenarnya penataan rambut dengan hair dryer, curling iron, dan sebagainya itu membuat rambut jadi tidak sehat, jadinya mudah rontok deh.. Makanya harus perawatan yang benar ya.. ^^
6. Kebiasaan merawat rambut yg salah
Sering mengeringkan rambut pake handuk setelah keramas atau langsung menyisirnya saat rambut masih basah? Itu ternyata adalah kebiasaan merawat rambut yang salah dan bisa bikin rambut jadi rontok.. Jadi sebaiknya tunggu rambut kering alami, baru kemudian disisir ya ^^

Tapi tenang, teman-teman, rambut rontok bukanlah penyakit dan tidak perlu untuk disembuhkan, selama masih dalam batas normal.
Itu merupakan proses alami rambut untuk tumbuh dan berganti, supaya kita selalu memiliki helai rambut yang sehat.. :)
See you on the next post! ^__^

No comments:

Post a Comment